WELCOME TO MY WORLD
This is a daily notes of Willy Wungo.......................

I am a structure engineer. Familiar in design of Steel & Concrete Structures. Mastering with computer structural modelling, analysis and design.
I have many experiences in the specific/special design project.
FORMAL EDUCATION
1985 : Structure Engineer – Institut Sains & Teknologi
Nasional (ISTN/STTN) Jakarta
1979 : SMA St.Paulus – Pontianak
1975 : SMP Bruder – Pontianak
1972 : SD Bruder – Pontianak

PROFESSIONAL MEMBERSHIP
* Member of Indonesian Society of Civil & Structural
Engineer (HAKI) Regist.No. 88005
* Member of PHRI-Solo Regist.No. 01.0006.011


PROFESSIONAL QUALIFICATION
* Professional Engineer-HAKI
No.001192/06-21/IP-Md/2008
* Structure Consulting Engineering Licence :

No. 1635/IPTB/K-A/DPPB/V/2008

PROFESSIONAL EXPERIENCES
* 2004 – …….. : Tribuana Bhirawayudha – Structural &
Consulting Engineer - CEO
* 2000 – …….. : PT Khalista Arta Buana – Structural Advisor
* 2002 – 2004 : PT Marante Harapan Pelita Solo –
Branch Director
* 2003 – 2004 : Hotel Agas International Solo - General-
Manager in charge
* 1998 – 2002 : PT Marante Harapan Pelita Jakarta – Project
Coordinator
* 1997 – 1998 : PT Catur Gatra Eka Perkasa – Site Manager-
to Timor Mobil Nasional-Cikampek
* 1992 – 1997 : PT Wisnu Ksatria Agung – CEO
* 1988 – 1992 : PT International Design Consultant in
associate with OVE ARUP & Partners-
Senior Structural Engineer/Project Engineer
*1986 – 1988 : PT Jaya Steel Indonesia – Structural-
Engineer

· 1983 – 1996 Lecture at Institut Sains & Teknologi
Nasional-Jakarta, at the subject of
STEEL STRUCTURES- 1, 2 & 3;
HIGH-RISE Building Structures Design;
BRIDGES Structures Design.
· 1995 – 1997 Lecture at Universitas Kristen Immanuel –
Yogyakarta, at the subject of
STEEL STRUCTURES-1 & 2

SAA-34LB-DX

SAA-34LB-DX
Airsoftgun

MY AIRSOFT-GUN GALLERY

MY PROJECS GALLERY

02 February 2009

Belajar – Sebuah Proses Berkelanjutan Tiada Akhir

Ditinjau dari sudut pandang mana pun juga, usia saya sudah tidaklah muda lagi. Namun, satu hal yang terjadi justeru pada usia demikian ini “libido” belajar saya semakin berkobar. Memang untuk profesi yang selama ini saya tekuni, menuntut “pembelajaran” yang tiada akhir, berkesinambungan dan terus berlanjut. Teknologi yang setiap saat ter “update” mau tidak mau harus diikuti dan dipelajari. Peraturan-peraturan atau Code di bidang structural engineering terus berkembang dengan cepat, yang tertuang di dalam acuan-acuan yang kita kenal dengan istilah  “Code”. Apalagi untuk kondisi negara Indonesia, peraturan-peraturan yang dari dulu memang sudah ada, sebagian besar peninggalan/warisan “jadul”, jaman Belanda. Banyak sekali Peraturan-peraturan untuk bangunan teknik sipil adalah warisan jaman penjajahan Belanda. Sehingga memang sangat perlu di perbaharui dan disesuaikan dengan perkembangan jaman. Semasa saya masih kuliah, peraturan semacam ini masih banyak digunakan para dosen yang notabene juga produk pendidikan jaman baheula. Celakanya, kita tidak punya referensi yang cukup dari textbook-nya, kalaupun ada, bahasanya adalah bahasa Belanda dan Jerman. Walhasil, hanya menerima mentah-mentah sebuah “code” tanpa bisa menggali lebih mendalam, karena kendala bahasa.

Tapi cukup beruntung bahwa pada masa kuliah saya masa itu, sudah banyak buku-buku terbitan negeri paman sam, yang bahasanya lebih familiar dan peraturan-peraturan pun sudah mulai diperbaharui seiring dengan semakin banyaknya lulusan S2 dan S3 yang balik dari United State.

Belajar dalam tahap “post-graduate”, saya rasakan lebih mudah dan lebih cepat terserap. Mungkin disebabkan tidak adanya beban yang mengharuskan seseorang untuk “lulus ujian” atau “tidak lulus ujian”, disamping itu pula sudah tentu didukung dengan wawasannya semakin luas setelah menceburkan diri ke dalam “dunia kerja yang nyata”. Pengalaman-pengalaman selama bekerja yakni “menjadi pelaku” di dalam bidang konstruksi sangat bermanfaat untuk menambah “deposito” intuisi seorang ahli teknik. Learning by doing, sepertinya memang betul 100 %.

Belajar sesungguhnya adalah sebuah proses yang “sangat menyenangkan” bagi saya pribadi, karena dibalik motif belajar terdapat sesuatu harapan akan terbukanya “sebuah pertanyaan”. Layaknya sebuah misteri yang dengan harap-harap cemas akan terungkap……….

Ilmu yang gentayangan di dunia structural engineering adalah ilmu yang luas tak terbatas. Saking banyaknya “galian” ilmu tersebut, boleh taruhan tidak ada satu pun sarjana teknik sipil yang “mampu menguasai” dunia kangouw nya dengan tingkatan “sempurna”, atau mampu menguasai semua ilmu teknik sipilnya. Akhirnya, setiap saat selalu merasa “kurang”, sehingga tuntutan untuk “”belajar lagi” tak pernah surut. Haus akan belajar. Sampai kapan pun, selama masih ingin eksis dan konsisten pada habitatnya.

Selain tidak ada beban seperti saya sebutkan sebelumnya, tatanan paradigma post graduate sudah pasti sangat berbeda jika dibandingkan dengan paradigma semasa masih sekolah. Simpul-simpul yang menghalangi perkembangan otak selama ini seolah-olah lebih terbuka sehingga apapun yang dipelajari akan lebih mudah dipahami, lebih mudah terserap.

Meskipun baru sempat mencapai strata-1, sepertinya hasrat dorongan birahi untuk melanjutkan ke strata-2 bahkan strata-3 tak pernah surut. Ereksinya masih kuat dan keras. Hahahahaha…… Karna memang belajar adalah sebuah proses yang menyenangkan. Saya sangat menikmatinya.

Karena belum punya kesempatan itulah, sebagai pelampiasan adalah melalui membaca. Baik dari buku, proseding, makalah, browsing di dunia lelembut (baca : dunia maya) dan sebagainya. Bila ada hal yang cukup menarik, saya postingkan lewat blog ini. Saya coba sharing-kan.

Ada beberapa rekan setelah mengunjungi blog ini berkomentar, bahwa blog saya “seperti blog seorang seniman” ketimbang blog seorang insinyur yang mantan dosen. Hehehe…. memang mantan seniman. Dan sepertinya masih begitu.

Memang saya tidak bermaksud men-design blog ini sebagai forum yang mutlak untuk bidang engineering, tetapi lebih bersifat umum yang mencakup banyak hal. Sehingga semua orang dengan latar belakang apa pun, cukup enjoy mengunjungi blog ini. Demikianlah harapan saya sejak semula.

-jakarta, awal januari 2009-

willy wungo

 

 

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Nama dan alamat email anda